Tuesday, November 11, 2014

TUTORIAL PEMROGRAMAN BAHASA C

Kali ini kita akan membahas tentang pemrograman bahasa C, mungkin sudah banyak yang mengenal bahasa pemrograman ini karena memang bahasa pemrograman yang sudah lama.
Bahasa C dibuat pada tahun 1972 oleh Denis Ritchie waktu itu masih menggunakan Sistem Operasi Unix. C dibuat untuk pemrograman sistem dan jaringan komputer, namun juga sering digunakan untuk pengembangan software aplikasi.
Penulis sendiri mulai mengenal Bahasa C saat awal masuk kuliah pada tahun 2005 di salah satu Universitas swasta di Jawa Tengah. Pertama mengenal Bahasa C waktu itu sempat merasa aneh karena disaat praktek, mouse tidak ada, ternyata hanya mengunakan keyboard untuk menuliskan koding program. Itu menjadi tantangan pada saat itu. Semua perintah ditulis secara maual jd harus teliti. Kurang satu huruf saja program bisa error.
Semeter berikutnya ketemu lagi dengan bahasa C, kali ini bukan membuat aplikasi tp lebih ke objek. Ternyata dengan C yang layar defaultnya hitam kita bisa membuat gambar mobil bahkan 3d, karena mobil bisa diputar balik diberi warna. Tetapi kita juga harus menghitung vektor untuk menghubungkan masing-masing titik.
Dalam bahasa C yang sering keluar dalam soal adalah pengulangan seperti berikut
*
**
***
****
*****

Biasanya dosen memberikan soal seperti ini, dan waktu itu penulis sampai semalaman nyari cara buat bentuk spt itu.
Untuk temen-temen yang ingin belajar bahasa C, disini penulis lampirkan ebook tentang bahasa C. Semoga bisa membantu temen-temen belajar bahasa C 

Download Ebook

No comments:

Post a Comment