Thursday, November 6, 2014

CARA BACKUP DAN RESTORE WINDOWS 7


Pernahkah kamu mengalami komputer error tidak bisa masuk windows lagi ?????
Pengalaman penulis yang bekerja sebagai IT Support di salah satu BUMN selama tiga tahun ini, permasalahan seperti itu bisa diselesaikan dengan berbagai cara, tetapi didunia kerja user hanya tau cara pakai saja dan apabila terjadi kerusakan yang diinginkan user hanya komputer bisa kembali untuk bekerja. Kalau kejadian itu dialami user yang sabar maka kita juga lebih tenang dalam menangani masalah itu. 

Bagaimana kalau kerusakannya sampai harus instal ulang, tentunya itu membutuhkan waktu, belum lagi harus instal aplikasi penunjang kerja user. Instal ulang merupakan option terakhir apabila windows mengalami kerusakan serius. 

Untuk mengantisipasi kejadian itu kita harus Backup windows 7 sehingga apabila terjadi kerusakan yang cukup parah kita tinggal restore saja tidak perlu instal ulang.

Proses backup dilakukan setelah semua program standar dan drivernya terinstal, hal itu dilakukan agar waktu restore kita tidak perlu menginstal driver lagi. Berikut langkah-langkah cara backup dan restore di windows 7.

BACKUP SYSTEM
1. Buka MyComputer
    Start --> Computer, pilih Drive C: --> klik kanan --> Properties --> Tools, klik Backup Now













2. Menentukan Lokasi
  Pilih Create a system image dipanel sebelah kiri, silahkan untuk menentukan pilihan tempat untuk menyimpan hasil backup












MEMBUAT CD RECOVERY

Untuk menjalankan restore, kita harus membuat CD recovery. Kita kembali ke proses Backup dan Restore, pilih Create a system repair disk, masukkan CD/DVD kemudian klik Next, tunggu proses burn sampai selesai

RESTORE SYSTEM

Masukkan CD/DVD recovery yang telah dibuat, restart komputer. Pastikan setting BIOS agar boot dari CD Rom. Nanti akan terbuka System Recovery Option, pilih Restore your computer using a system image that you created, klik Next lalu arahkan ke file backup yang tadi dibuat. tunggu hingga proses selasai dan komputer anda akan kembali seperti semula.






No comments:

Post a Comment